It was beautiful! Hari Ini, Tom dari Dunia Inline Skates mengajarkan Nur, Yang tadinya menjadi pembantu rumah tangga, untuk menjadi teknisi inline skates. Dia sekali di kasih tahu, langsung bisa. Dia cerdas banget. Itu masalah bearings, frames, ini itu sudah pintar. Aku taroh jiwa saya ditangannya! She's that awesome. Kok mau dia ikut ya? Padahal punya pacar di jakarta. Cool girl man. Rock and roll. Saya sudah dapat  banyak roda chadangan sama bearing disana juga. Terus saya menerima baju baru dan asuransi dari Pak Enggar di Semarang! dan waktunya pas! Senin mau urus mobil yang disediakan United tractors. Saya sudah hampir siap. Saya stress, grogi, semangat, luar biasa bahagia, mual... semuanya saya bisa rasain. Benar benar hidup saya. Aku sudah ikhlasin tabungan saya. Pulang ke Jakarta dan mulai dari bawa lagi. Jangan sampai saya ambil risiko financial, dan risiko kesehatan, dan bikin ibu saya khawatir sia sia. Jangan sampai orang dan perusahanan yang membantu saya dengan waktunya, hartanya dan bendanya jadi sia sia membantuku. Saya mau menangis. Emosi banget. Please nanam pohon demi gerakan ini. Di depan rumahmu, atau di manapun. Bike to work! Photoin dan kirim ke sachastevenson@hotmail.com dan saya upload ke website. Baca website ku untuk bule on blades dan ikut blogku. Kasih tahu teman-teman. Saya sendiri tidak bisa rubihin budaya perusak lingkungan. Kami semua bisa tapi! Together. 

 
Sepeda dan Inline Skates atau sepatu roda dua-duanya bisa dipakai transportasi. Saya lebih sering naik inline skates karena mau ke bali naik itu, tapi kadang naik sepeda juga untuk menguatkan lutut. Sebenarnya saya sekarang bisa lihat lebih jelas kekurangan dan kelebihan dua2nya kalau di pakai ke kantor:

INLINE SKATES: KELEBIHAN
1. No parking.
2. Kalau sudah cape naik bus aja, kan kecil sepatu rodanya :-)
3. Lebih banyak calori yang terbakar. Say goodbye to lemak di paha, pantat, dan perut.
4. Kalau ada musik bagus ditelinga, bisa jalan sambil joget :-D

INLINE SKATES: KEKURANGAN
1. Lebih banyak keringatan dibanding naik sepeda. --- kalau ga bisa mandi, pake baby wipes di WC mana aja bisa. Harum! Jangan lupa: baju ganti diplastikin biar keringatan dari punggung ga masuk ke tas dan membasai baju bersih!
2. Kalau jalannya rusak agak sulit jadi jalannya harus pelan.
3. Bawa tas ga bisa yang berat. Jadi bawa laptop dan buku2 agak capek.

SEPEDA: KELEBIHAN
1. Lebih cepat.
2. Tidak secape dibanding inline skates
3. Olahraga juga jadi menyehatkan badan.
4. Tas bisa dicantol di sepeda jadi bisa bawa lebih banyak.
5. Jalanan rusak tidak apa-apa.

SEPEDA: KEKURANGAN
1. Tetap parking!
2. Banyak pencurian Sepeda.
3. Belum praktis bawa sepeda di bus kalau capek di jalan.

Intinya, dua-duanya bagus untuk menyehatkan badan dan kuranin emisi. Ada masalah besar dengan budaya kita. Kita ga mau naik tangga, kita mau naik lift! Kita ga mau jalan, kita mau naik bus atau mobil!/motor! Tapi giliran kita mau badan bagus kita bayar mahal untuk membership tahunan di gym, pake bensin ke situ, lari satu jam ditempat kayak marmut, lalu pake bensin pulang! Terus member itu dipakai satu bulan saja (karena siapa punya waktu!) lalu coba jual sisa janga berlaku membership di kaskus. Ya ampun, malas di campur gengsi boros dan bahaya tuh buat lingkungan. Solusinya satu: B2W (Bike or Blade). You save time and money, menyehatkan badan, dan menyehatkan lingkungan! Efficient, effective, logical, dan idealist :-) 


 
Saya sudah tidak mikirin mencari sponsor lagi, karena terlalu banyak birokrasi dan hal-hal lain yang berkaitan, tapi tahu-tahu ada inbox dari Pt. United Tractors. Kata Mr. Google, mereka besar, tapi saya belum pernah dengar, soalnya ga sering beli traktor atau batu bara. Anyways, ternyata mereka mencari aku sejak article di majalah Tempo keluar dengan minat mau membantu dukung proyeknya. Akhirnya ketemu email saya dan tadi saya rollerblade 30 km ke kantornya di Cakung, Jl Bekasi Raya km 22. dari rumah saya dibelakang Ragunan Zoo. Tahu, enggak... SAYA LUPA BAWA SANDAL! Saya masuk kantor itu NYEKER. Malu  :-s  Tapi, habis itu ada yang kasih sandal jepit. hehehe. Saya duduk sama mereka dan tidak lama kemudian mereka tawarin pohon dan tempat nanamnya di hampir setiap kota yang saya berhenti, dan juga mobil/driver. Mereka bawa kami ke belakang untuk pilih mobil. Amazing. Tanpa syarat, tanpa kontrak, Tanpa panitia apalah, dan TANPA SEPATU! Mereka hanya bantu karena mereka punya budget untuk kegiatan social, go green, edukasi, dll. Well I'm honored that they chose to join in on my project Bule on Blades. Dan saya juga heran!!! 5 hari sebelum berangkat ada aja bantuan yang nongol! :-D Happy dance, Happy dance!
 
Okay, Bule on Blades mulai 7 hari lagi, dan aku mulai nervous sedikit. Eek! Apa seharusnya aku bawa. Masih bingung. Yang penting bingung adalah soal makanan. Aku tahu ada banyak warung di jalan, tapi ga mungkin aku bisa nyampe sana pake minyak ga jelas itu. Tapi buah saja tidak cukup. Lapar! Pisang okay, pasti ada dimana2 tapi yang lain? Terus jalannya gimana. Kalau ternyata route yang saya pilih hancur jalannya? Jalan yang mana yang paling bagus? Walau lebih jauh pasti lebih cepat kalau bagus jalannya. Hmmmm. Tidak ada peta yang kasih tahu kayak gitu. Tapi saya pikir, masalah apapun bisa diatasi, jadi jalan aja dan pikirin nanti :-) kami punya 3 otak, harusnya cukup.
 
Ada orang yang pikir saya gila. Tapi saya pikir bukan sesuatu yang luar biasa. Cuma tadinya saya berharap akan ada sponsor besar dan perlengkapannya lebih... lengkap? Hahahah. tapi saya lebih senang bigini. Down to earth and just the basics. Tadi aku ke Ace hardware dan dapat tas air untuk punggung hanya 250,000 IDR. Dapat lampu untuk topi KEREEEENNNN! cuma 150,000 IDR, beli topi, baju, handuk, kaos kaki, bh, semua yang cepat kering untuk sport :-).  Pokoknya hal-hal yang paling penting. Tinggal sewa mobil doang. Selain itu pas sebelum pergi mau cari snack, susu, whole wheat spaghetti, almonds :-) dan pohon untuk bawa ke Merak supaya saya bisa nanam pas mau berangkat!!!! Selain itu kayaknya bakal ada di jalan. Kalau olahraga, sekarang karena ga mau terlalu capek sebelum jalan, saya 3 kali seminggu rollerblade atau sepeda. Rasanya mau main terus tapi harus sabar untuk tanggal 3 Mei. Aku ga sabar coba lampu baruku!!!!!! Ada merah2nya juga lagi! Yipee. Gotta try it tomorrow! Saving the environment has never b
This is your new blog post. Click here and start typing, or drag in elements from the top bar.
 
The new rollerblades are sooo worth it! I feel like I'm cheating going to Bali with these, they are that comfortable. It's like they have a whole other range of gears allowing me to go much faster than before. Now I feel like a vehicle. Why not turn a hobby into transportation? It's funny how the body adapts to what we put it through. I'm not a good athlete, I never was. If I can do it then so many others can too. Start slow and work your way up. It feels so good when you arrive at your destination. You'll feel alive, you'll feel so high, you'll feel so powerful.I notice a huge difference in my mood when I rollerblade as apposed to driving my motorcycle around and hitting traffic. When I'm pumped full of adrenalin it's like nothing can get me down. And now with bigger wheels I feel like I can finally fly. 
 
Saya sering rasa tidak pede, jauh dari sempurna, banyak kekurangan, dan tidak punya kekuasaan. Bikin proposal standard Indonesia ga ngerti, birokrasi Indonesia juga ga ngerti dan kadang ga mauk akal pula. Tapi kok bisa ada yang perduli proyek ini? Saya (karena dana terbatas) bisa bikin website sendiri dengan weebly (gratis), saya bisa promosi di facebook (gratis), saya bisa rollerblade ke kantor biar tidak munafik dan kasih contoh ke orang (gratis), saya bisa minta bantuan teman untuk share di facebook dan twitter (gratis), dan kru yang jalan sama saya juga ikhlas dan suka rela (suami saya, Seno Irawan, dan pembantu rumah tangga kami, Nur). Saya kabarin teman2 yang saya kenal di media, (terutama Fanny dari Tempo) yang bantu saya habis-habisan untuk menyebarkan pesan ini lewat koran, radio, dan majalah dan tidak ada satupun yang minta imbalan untuk bantuan tersebut. Ada perusahaan kecil seperti Graha Langit dan Dunia Inline Skate yang kasih support mereka dibentuk penignapan, alat, asuransi, koneksi, dan dukungan lain tanpa minta apapun. Ada mahasiswa dari Universitas Padjadjaran, Bandung dan Unit Mapela Purwokerto yang mau sumbangkan bibit pohon. NaHHHH. Pada awal proyek ini saya pikir saya bakal perlu dukungan pemerintah dan perusahaan besar, tapi masyarakat Indonesia sudah membuktikan ke saya bahwa kita tidak perlu mereka untuk bergerak. Saya baru yakin sekarang, merekalah yang perlu KITA! Kalau kita tidak setujuh dengan kegiatan sebuah perusahaan, kita tidak usah beli dari mereka dan mereka bakal bangkrut sendiri. Kita kalau tidak puas dengan pilihan orang di pemerintah, kita tidak harus vote for mereka ketika pemilu dan mereka tidak bisa berlanjut. Kami ketipu harus tergantung orang. Saya tidak ada yang biayain proyek Bule on Blades, saya juga bukan event organizer dan saya MASIH BISA jalan dengan uang pribadi yang terbatas, dan lihat sendiri kabarnya sudah mulai melebar! Kalau kita siap untuk susah sebentar dan punya passion, saya yakin ada cahaya terang yang menunggu di ujung. 
 
Picture
This is what I'll be wearing to KUTA!!!! Yeah!!!! The guy told me the retail value is 4.5 million rupiah! Wah! Lebih murah naik pesawat ternyata. hahaha. But bensinnya cukup pisang. :-)
 
Wow! Banyak hal yang harus diurus sebelum berangkat dan saya selama ini sendirian mengurusnya, dan hasilnya 3 hari saya tidak punya waktu untuk rollerblade! Bikin website kek, interview kek, coba dapt interview lagi juga! Tapi teman saya Jason Daniels kenalin saya sama seorang publicist dan dia tertarik dalam proyek Bule on Blades, jadi mudahh-mudahan beban saya diringankan sedikit dan bisa fokus kepada training lagi! Ada meeting besok juga tentang kemungkinan dapat sponsor dari Dunia Inline Skates! COOL!
 
Now you know what Bule on Blades is all about, so please post your comments, ideas, and advice here! Once I'm on the road (starting May 3rd, 2011) I'll be updating my progress daily and I'll be able to interact with people through this blog!
Sekarang kalian sudah tahu tentang misi Bule on Blades ini, jadi sekarang tolong post komentar, ide, dan saran-saran di sini! Ketika saya di perjalanan saya akan update terus di blog ini juga supaya kalian bisa tahu keberadaan saya, saya bisa share pengalaman saya, dan bisa baca-baca komentar yang ada di sini!